motor pulsar mati mendadak - Bajajautoindonesia.com

Motor Pulsar Mati Mendadak? Ini Penyebabnya!

Anda pernah mengalami motor Pulsar mati mendadak saat sedang berkendara? Hal ini tentu membuat bingung dan panik apalagi jika berada jauh dari bengkel.  Hal lain yang sering dialami pengendara motor Pulsar lainnya yaitu saat digas mesin motor langsung mati, tidak bisa di gas terlalu tinggi mesin akan tersendat lalu mati,  saat dimasukkan gigi mesin motor langsung mati. Kira-kira seperti itulah mungkin yang pernah dialami oleh pengendara motor Pulsar yang mati mendadak.

Berikut kami rangkum apa saja penyebab motor Pulsar bisa mengalami mati mendadak, beserta beberapa tips untuk mengatasi nya!

Penyebab Motor Pulsar Mati Mendadak

motor pulsar mati mendadak - Bajajautoindonesia.com

Penyumbatan saluran bahan bakar

Periksa saluran bahan bakar pada karburator, jika terjadi penyumbatan atau adanya kotoran dapat menyebabkan penyaluran bahan bakar yang tidak lancar atau bahkan tidak mau mengalir yang kemudian berakibat suhu mesin panas dan mesin motor Pulsar mogok.

Adanya kotoran biasanya berasal dari tangki bensin. Bensin yang kotor menyebabkan jarum spuyer dalam karburator menjadi tersumbat dan aliran bensin menuju ruang bakar tidak normal.

Pengapian motor yang mati

Sistem pengapian motor terdapat pada busi dan CDI, jika busi yang lemah maka dapat menyebabkan mesin motor tersendat saat digas tinggi dan bahkan mesin bisa mati total. Periksalah masalah yang terjadi pada kondisi busi, karena biasanya akan ada kerusakan pada ujung busi, businya basah ataupun longgar. Kemudian cek CDI motor apalagi jika masalah terjadi saat kondisi mesin panas mesin motor akan mati mendadak.

Berkurangnya Kapasitas Oli mesin

Berkurangnya oli mesin motor Pulsar bisa menyebabkan motor Pulsar mati mendadak. Hal ini bisa saja disebabkan karena motor sering dibawa untuk perjalanan jarak jauh. Kondisi ini mengakibatkan piston macet dan lemah sehingga motor bisa mati mendadak. Sebelum itu terjadi biasanya ada pertanda keluar asap putih, bahkan kondisi paling ekstrim bisa jadi oli ikut terbakar. Oli akan berkurang terus sehingga disaat motor berada pada suhu yang panas motor bisa mati mendadak.

Baca juga:  Cara Body Motor Bajaj Agar Tetap Kinclong

Permasalahan pada Koil

Koil atau coil Pulsar yang lemah dapat menyebabkan melemahnya api busi sehingga mesin motor tersendat-sendat dan jika putaran gas full maka mesin akan langsung mati. Koil yang sudah mulai rusak dapat juga menyebabkan busi cepat mati dan juga dan juga membuat mesin motor pulsar mati mendadak atau mogok. Tandanya adalah kondisi koil atau mesin panas.

Permasalahan Spul dan Pulser

Jika semua komponen motor sudah dicek dan mesin masih belum menyala, ada kemungkinan masalah berasal dari komponen spul atau pulser. Komponen ini merupakan penentu waktu pengapian CDI dengan cara mengirimkan sinyal ke SCR, kemudian memerintahkan SCR untuk membuka kapasitor dan melepaskannya. Jika penentu waktu pengapian mengalami kerusakan maka mesin tidak dapat dinyalakan karena tidak adanya tenaga untuk menggerakan motor.

Mengatasi Motor Pulsar Mati Mendadak

motor pulsar mati mendadak - Bajajautoindonesia.com

Untuk mengatasi beberapa penyebab motor Pulsar mati mendadak yang disebabkan komponen yang rusak seperti diatas, diantaranya adalah :

Mengatasi penyumbatan saluran bahan bakar

Jika anda sudah terbiasa untuk melakukan perbaikan pada saluran bahan bakar, maka bukan hal yang sulit dilakukan untuk menservis karburator motor sendiri. Lakukan pengecekan pada bagian saluran bahan bakar  yang masuk ke karburator, bersihkan jika ada kotoran tersumbat, terlebih dahulu. Namun jika setelah dibersihkan mesin masih tidak bisa menyala maka segera bawa motor Anda ke bengkel agar diperiksa oleh mekanik yang lebih ahli.

Mengatasi pengapian motor yang mati

Pengapian motor yang berkaitan dengan masalah busi,  maka segera lakukan pengecekan pada busi seperti kondisi api dan kerenggangan busi. Selanjutnya adalah mengecek CDI dengan menggunakan CDI sejenis yang baru atau masih dalam kondisi bagus. Setelah dites, anda akan tahu kondisi CDI motor Pulsar anda. Jika terdapat kerusakan sebaiknya segera ganti dua komponen tersebut.

Baca juga:  Memilih Ban Motor Sport Terbaik Saat Musim Hujan

Mengatasi berkurangnya kapasitas oli mesin

Disarankan sebaiknya memakai oli motor Pulsar yang tahan panas agar tidak mudah menguap.  Jika oli mesin pada motor anda berkurang cukup banyak maka segera tambahkan dengan oli baru. Kemudian bisa dicek kondisi piston motor anda apakah mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga perlu diperbaiki oleh ahlinya.

Mengatasi permasalahan pada koil

Jika koil panas maka matikan dulu mesin motor lalu dinginkan koil.  Kemudian mesin akan normal kembali. Namun jika koil mengalami kerusakan yang cukup parah sebaiknya dilakukan pergantian.

Mengatasi permasalahan pada spul dan pulser

Jika komponen spul dan pulser yang bermasalah akan mengakibatkan mesin motor mati. Bisa dikarenakan spul sudah lama dan perlu pergantian setelah dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab motor Pulsar mai mendadak dan cara-cara untuk mengatasinya.  Semoga informasi diatas bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang dunia otomotif.