Ganti Oli Motor Sport - bajajautoindonesia.com

Ganti Oli Motor Sport Berapa KM? Kenapa Harus Diukur dengan KM? Ini Penjelasannya!

Melakukan service rutin pada sepeda motor adalah sebuah hal wajib yang patut dijalani oleh pemilik kendaraan bermotor. Karena jika kendaraan Anda tidak dirawat dengan baik, tentu saja akan berpengaruh pada performa dari motor Anda atau bahkan motor Anda bisa rusak berat. Apalagi jika motor Anda tergolong sebagai motor matic yang lebih sensitif.

Tapi sebagai orang awam, tentu kita bingung kapan waktu paling ideal untuk melakukan service? Apakah dengan jangka waktu tertentu misalkan sebulan sekali, dua bulan sekali atau tiga bulan sekali? Berapa sih waktu yang paling ideal?

Itu sebabnya ada banyak pemilik motor yang memilih jangka waktu bulanan itu. Namun benarkah hal itu? Kalau uang Anda memang berlebih, menetapkan jangka waktu seperti di atas sebenarnya tak ada masalah. Tapi jika kantong Anda pas-pasan, tampaknya Anda harus memilih servis motor berdasarkan kilometer. Mengapa demikian, coba kita lihat beberapa alasan di bawah ini.

Pertama, pabrikan biasa menentukan service berdasarkan kilometer. Dalam buku panduan yang dikeluarkan oleh pabrikan, biasanya terdapat kapan waktu ideal Anda untuk melakukan service lengkap termasuk ganti oli. Dalam buku panduan, biasa patokannya adalah kilometer. Biasanya 500 kilometer, 2000 kilometer, 5000 kilometer, 10000 kilometer dan sebagainya. Karena itu, ada baiknya kita mengikuti aturan baku yang sudah ditetapkan oleh mereka.

Alasan kedua, pemakaian masing-masing orang berbeda. Ada orang yang dalam sebulan menghabiskan perjalanan hingga ratusan kilometer seperti para driver ojek online (Ojol), sales, kurir atau wartawan. Pola berkendara dan jarak tempuh profesi-profesi ini dalam berkendara pasti sangat berbeda jauh dengan mereka-mereka yang bekerja sebagai buruh pabrik, karyawan atau dokter yang motornya hanya dipakai untuk berangkat kerja dan kemudian diparkir di kantor atau pabrik.

Baca juga:  Motor Pulsar Mati Mendadak? Ini Penyebabnya!

Bisa jadi meskipun pabrikan menyatakan harus service 4000 kilometer, baru setengah bulan driver ojol atau sales sudah harus service dalam waktu sebulan kurang. Sementara untuk karyawan, jarak 4000 kilometer bisa membutuhkan waktu 3-4 bulan.

Alasan ketiga, adalah masalah keuangan. Dengan mematok waktu tertentu untuk masa service Anda tidak memperhatikan lagi jumlah kilometernya. Asal sudah dua bulan, langsung saja service padahal kilometernya masih jauh dari kuota yang diberikan pabrikan. Jika ini terjadi, maka Anda akan menguras keuangan Anda lebih dalam lagi.  Misal kalau pabrikan mematok service per 2000 kilometer saja, tapi jarak pulang pergi Anda dari kantor ke rumah kurang dari 50 kilometer per hari, maka secara otomatis Anda akan rugi. Karena jika Anda tentukan sebulan sekali service misalnya, dan pabrikan menyatakan perlu service per 2000 kilometer, maka perhitungannya 30 x 50 kilometer menjadi 1500 kilometer dan artinya Anda membuang 500 kilometer.

Alasan keempat, pemborosan oli dan sparepart. Ada kalanya saat melakukan service ada beberapa bagian kendaraan, termasuk oli harus diganti pada saat itu. Dan ini juga memerlukan biaya yang cukup lumayan besar. Maka jika Anda hanya berpatokan pada waktu dan bukan kilometer, maka secara tidak langsung Anda akan mengganggu kocek Anda juga. Paling tidak pada bagian olinya. Karena itu, memang yang paling ideal adalah Anda mengganti dan melakukan service berdasarkan kilometer saja, karena akan lebih bermanfaat dan efektif.

Tapi memang keuntungannya service menurut waktu adalah Anda dapat merencanakan keuangan secara lebih baik. Misalnya setiap habis gajian service, maka Anda tidak akan mudah terlupa. Beda dengan menentukannya berdasarkan kilometer, sebab ketika sudah jatuh tempo, karena tak punya uang maka service pun akhirnya diundur.

Baca juga:  Memilih Ban Motor Sport Terbaik Saat Musim Hujan

Jadi sekarang semua pilihan berada di tangan Anda, apakah ingin menentukan service berdasarkan waktu atau menentukan service berdasarkan kilometernya. Semua pilihan ada di tangan Anda. ()