servis rutin motor di planet

Menengok Layanan Servis Rutin untuk Motor di Planet Ban

Bro pernah ke Planet Ban? Semakin hari (tak terasa) kita dibuat semakin tertarik dengan banyak banner terpampang di setiap tokonya. Planet Ban atau biasa disingkat PB saja, memang dulu dikenal sebagai toko retail yang menjual aneka ban motor. Namun sekarang sudah tersedia juga layanan selain pembelian ban motor, yaitu servis motor. 

Di sekitar bulan Juli, mereka memperkenalkan Servis Rutin seharga Rp39.000.

“Kalo Kaya Gini ya Murah” mungkin santer terdengar slogan ini. Memang setahu kami pihak Planet Ban ingin mempermudah customernya dalam perawatan sepeda motor. Tanpa harus biaya mahal, motor sudah kembali terawat dan sehat. 

Namun apa sebenarnya yang dikerjakan jika Anda meminta servis rutin ini? Berikut kami jelaskan sekalian review servis motor di planet ban.

Servis Motor Planet ban

Jadi, yang namanya motor pasti memiliki seperangkat mesin dan alat transmisi yang bertugas menyalurkan tenaga pada pergerakan roda. Ada yang namanya transmisi manual, ada pula yang dibuat dengan transmisi otomatis.

Sepeda motor bertransmisi manual mengharuskan Anda untuk mengatur sendiri persnelingnya. Sehingga kecepatan sepeda motor tergantung dari perlengkapan yang Anda pilih. Perawatan sepeda motor bertransmisi manual juga lebih mudah, sehingga efisiensi perawatannya lebih tinggi. 

Sebaliknya, saat ini banyak dipilih sepeda motor matik karena banyak pengendara yang menganggap sepeda motor matik lebih nyaman digunakan. Sepeda motor matik ini menggunakan transmisi matik (CVT) karena Anda hanya perlu menarik dan menurunkan tuas throttle untuk menjalankannya sehingga memudahkan Anda. Untuk perawatan matik biasanya lebih mahal karena mesin transmisi matic lebih ribet dibanding motor jenis lain.

Ribet yang dimaksud tentu saja jika Anda tidak pernah melakukan servis. Sebab jika jarang servis, kondisi CVT bisa kotor dan menyebabkan panas dari gaya gesek tidak mendapatkan sirkulasi yang baik. Jika terus-terusan kondisi ini tidak diperhatikan, motor pasti terasa gredek, tarikan gas jadi berat, selip, bahkan parahnya motor tidak bisa jalan lagi karena CVT belt putus.

Baca juga:  Kapan Kawasaki J125 Masuk Indonesia?

Untuk itulah sebenarnya alasan servis rutin pada motor matik ini sangat perlu dilakukan.

Servis CVT di Planet Ban

Di Planet Ban, kondisi motor Anda akan dicek dan dibuka CVT-nya. Setelah itu setiap komponennya dibersihkan dengan cairan kimia khusus, sehingga tidak ada lagi kotoran yang menempel di dalamnya. 

Setiap part seperti kampas kopling dan rollernya pun diperiksa dan diinformasikan bila keadaannya sudah parah atau harus diganti. 

Namun yang paling kami suka adalah bagian terpenting dari CVT, yaitu CVT belt akan disemprot dengan belt conditioner supaya kondisinya tetap sehat dan lentur. Kenapa kami suka? Karena CVT belt yang sudah getas pasti menimbulkan bahaya untuk pengendara. Bila putus, bisa-bisa Anda dorong motor sampai ke bengkel karena roda tidak mau berputar. 

Tidak hanya itu, selain kondisi CVT, throttle body juga disemprot cairan khusus melalui lubang filter udara. 

Throttle body merupakan pengganti karburator pada sepeda motor injeksi. Sehingga pasti ada udara yang masuk bersama debu ke dalam throttle body. Jika debu yang terkumpul menutupi sensor di bagian throttle body, kejadian ini akan menurunkan performa kendaraan.

Nah setelah kedua bagian penting ini dilakukan, pengecekan dan penyetelan umum juga dilakukan. Proses ini meliputi ban, rem, radiator, aki, filter udara, busi, ECU, & rantai/belt.

Sekiranya itu yang kami dapat ketika mencoba servis rutin di Planet Ban. Memuaskan dengan harga yang cuma 39 ribu saja, sudah mendapat servis sebanyak ini. Pasalnya kalau di luaran, biasanya servis CVT dikenakan biaya tambahan lagi. Sehingga, bisa-bisa habis ratusan ribu bila Anda ke bengkel tanpa tau sebenarnya apa yang diservis.

Jadi Autos, untuk Anda yang mengendarai motor sehari-hari, servis rutin ini jangan abai dilakukan. Sangat penting untuk membuat kondisi motor Anda tetap terawat dan menghindari bahaya selip serta CVT belt putus di jalan. 

Baca juga:  Race Tegang di MotoGP Inggris 2019, Antara Marquez dan Rins!