tingkat kekentalan oli motor pulsar - bajajautoindonesia

Tingkat Kekentalan Oli Motor Pulsar

Setiap mesin kendaraan bermotor pasti membutuhkan oli mesin. Mengapa begitu? Karena berfungsi sebagai pelumas komponen penggerak pada mesin. Jadi dapat dibayangkan jika mesin tak beroli, itu sama saja seperti kita tidak minum setelah berolah raga. Artinya, kinerja mesin harus didukung dengan oli dan kualitasnya pun harus sesuai standarnya.

Tentu saat para sarjana teknik menciptakan mesin, sudah menentukan kekentalan oli yang pas untuk digunakan pada mesin buatannya. Maka itu, penting bagi kita untuk tau dan mematuhi standar kekentalan oli ketika hendak mengganti oli mesin motor anda.

Hampir setiap orang beranggapan bahwa mengganti oli mesin dengan yang lebih encer justru dapat meningkatkan kinerja mesin. Hal ini karena oli yang encer lebih cepat untuk menyebar ke seluruh komponen mesin. Hal lain, tentu dapat meringankan beban kinerja dari gerakan komponen mesin.

Perlu juga diketahui bahwa tidak semua oli encer cocok untuk semua jenis mesin termasuk dengan motor pulsar. Hanya kategori mesin motor modern yang menggunakan oli ini. Artinya, jika oli encer ini masuk ke dalam mesin yang pra modern untuk menggantikan oli yang kental juga berakibat fatal.

Meski begitu, kita tidak perlu khawatir, karena saat ini, hampir semua mesin motor yang kita jumpai sudah sangat modern.

Untuk motor Bajaj Pulsar yang memiliki teknologi DTS-i (Digital Twin Spark Ignition), diklaim bisa irit bahan bakar dan memiliki pengapian yang bagus. Namun demikian hal ini berarti mesin jadi mudah panas dan rawan kerusakan. Mesin Pulsar bekerja dengan baik pada suhu tinggi, karena itu pemakaian oli pun harus yang bisa tahan panas. Jika tidak, maka oli mudah menguap dan nilai viskositas atau kekentalannya akan berkurang. Daya pelumasannya pun akan berkurang drastis.

Baca juga:  Harga Ban Motor Bajaj Sport Termurah Terbaik 2018

Tips Memilih Oli Motor yang Tepat

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja penyebab dan efek oli motor kental, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai beberapa tips memilih oli motor yang tepat agar oli motor Anda.

  • Pastikan Jenis Oli Sesuai Dengan Spesifikasi Motor

Pemilihan oli mesin pun idealnya harus disesuaikan dengan spesifikasi motor yang anda miliki. Seperti yang dijelaskan di atas, tidak semua jenis oli cocok untuk semua jenis motor. Namun, yang perlu diperhatikan saat memilih oli mesin motor adalah tingkat kekentalan atau viskositasnya sesuai dengan spesifikasi mesin motor anda.

Seperti misal, motor Honda lebih banyak membutuhkan oli berjenis SAE 10W-30 atau sangat encer. Sementara motor Yamaha, sangat disarankan untuk menggunakan oli berjenis SAE 10W-40 atau tidak terlalu encer. Perbedaan inilah yang harus anda diperhatikan karena masing-masing merek mengadopsi teknologi yang berbeda.

  • Pastikan Produk Teruji

Kualitas oli mesin yang bagus adalah oli mesin yang telah teruji secara standar nasional maupun internasional. Penting bagi anda untuk memilih oli mesin yang sudah melalui tahap uji kelayakan. Karena selain untuk kinerja dan daya tahan, oli mesin yang sudah teruji juga memberikan kenyamanan anda untuk berkendara.

Jika anda binggung untuk memiih oli mesin yang sesuai standar nasional maupun internasional, caranya mudah. Anda tinggal mencari logo JASO (Japanese Automotive Standars Organization) di bagian bawah atau depan kemasan oli motor. Mengapa JASO? Karena produsen kendaraan bermotor menyarankan oli berstandar JASOlah yang layak untuk digunakan sebagai oli mesin. Hal tersebut sesuai dengan motor yang diproduksi.

Jika anda masih bingung juga, anda tinggal mencari logo SNI (Standar Nasional Indonesia) di area depan atau bawah kemasan oli. Namun jika tidak ada logo SNI tersebut, hampir dipastikan bahwa oli mesin tersebut belum teruji sesuai standar nasional atau oli abal-abal. Kalau sudah seperti ini, anda pindah di toko atau dealer resmi kendaraan anda.

Baca juga:  Memilih Ban Motor Sport Terbaik Saat Musim Hujan

Memilih Oli Motor Pulsar

Karena sifat Pulsar yang membutuhkan pengapian dan pembakaran seempurna, sebaiknya pemilihan oli untuk Pulsar jangan sembarangan. Pilihlah oli dengan viskositas 20w-40.

Itulah beberapa informasi mengenai efek oli motor kental dan tips memilih oli motor yang tepat. Semoga bermanfaat, terimakasih.