memilih ban motor sport - bajajautoindonesia.com

Memilih Ban Motor Sport Terbaik Saat Musim Hujan

 

Setiap pengendara motor, baik itu roda 2 maupun roda 4, pasti mengenal komponen yang bernama ban. Secara fungsi, ban berperan untuk menopang, menjaga motor anda agar tetap stabil dan nyaman. Tentu setiap orang menginginkan kenyamanan dan keamanan dalam mengendarai motor sport, baik dalam keadaan panas maupun hujan.

Namun, pada saat musim hujan dan basah, kenyamanan dan keamanan motor anda idealnya tetap harus betul-betul diperhatikan, mengingat jalan yang akan dilalui jauh sangat berbeda dengan kondisi di saat kering. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam kondisi seperti ini adalah jenis ban motor yang anda gunakan. Mengapa demikian? Karena setiap jenis ban punya karakter dan kekuatan cengkraman yang berbeda berdasarkan kondisi iklimnya. Termasuk juga ban motor sport!

Bayangkan saja jika ban motor yang anda pakai berjenis slick (tanpa kembang) juga digunakan dalam kondisi hujan, tentu akan membuat perjalanan anda menjadi terancam dan kemungkinan besarnya anda akan jatuh terpeleset di atas aspal yang licin karena hujan. Betapa bahayanya bukan?

Meski begitu, hal tersebut bisa meminimalisir dengan cara mengganti ban anda dengan ban yang sesuai dengan kondisi cuaca, guna mengantisipasi kecelakaan. Ada baiknya kita mengetahui jenis ban yang aman dan nyaman untuk digunakan dalam kondisi hujan.

Lalu, bagaimana memilih ban motor sport yang baik di saat musim hujan? Apa saja hal pendukung yang perlu dipertimbangkan dalam memiih ban motor saat musim hujan? Langsung saja yuk temukan jawabannya di pembahasan berikut ini.

 

Tips Memilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Berikut beberapa tips memilih ban motor saat musim hujan yang perlu Anda perhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

  • Pilih Tipe Ban Motor Basah/Motif

Ban motor anti slip yang sesuai dengan kondisi hujan atau basah cenderung memiliki banyak motif/alur. Pada ban jenis ini, air yang ikut naik menjadi terpecah mengikuti alur motif. Dengan begitu ban akan tetap stabil dan menapak secara sempurna dipermukaan aspal.

Baca juga:  Motor Pulsar Mati Mendadak? Ini Penyebabnya!

Selain itu, ban jenis ini, juga bisa digunakan saat kondisi jalan setengah kering atau bahkan kering sekalipun. Jadi, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengonta-ganti ban dan inilah pilihan yang tepat untuk jenis ban saat musim hujan. Jenis ban basah/motif ini merupakan jenis ban motor yang tidak licin.

 

  • Pilih Ukuran Ban Dengan Tepat

Seringkali kita terpesona dengan banyaknya motif ban yang menarik dan sengaja dipajang oleh si penjual. Padahal hal yang benar-benar perlu anda pastikan adalah ukuran ban yang akan digunakan.

Perlu diketahui, setiap ban mempunyai ukuran yang berbeda-beda berdasarkan diameter velg. Ukuran standar ban yang sering digunakan untuk sepeda motor, biasanya berukuran ring 17, dan tinggi 80-90% dari lebar tapak dengan ukuran velg 17 inci.

 

  • Pilih Ban Dengan Kompon Medium

Saat musim hujan, temperatur ban menjadi lebih rendah daripada biasanya. Hal ini dikarenakan suhu ban dipengaruhi oleh suhu aspal, di mana ban motor anda menapak.  Pada kondisi seperti ini, lebih baik anda memilih ban dengan kompon medium. Karena ban berkompon medium, tidak terlalu memiliki cengkeraman yang kuat di bandingkan ban berkompon soft. Jika terlalu kuat justru akan membuat anda tergelincir dan tentu membahayakan keselamatan diri anda.

 

  • Pilih Merk Ban Yang Sudah Teruji

Kualitas ban yang bagus adalah ban yang telah teruji secara standar nasional maupun internasional. Penting bagi anda untuk memilih ban yang sudah melalui tahap uji kelayakan. Selain untuk keselamatan, juga mendapatkan kenyamanan selama berkendara. dipakai.

Jika anda bingung untuk memiih ban yang sesuai standar nasional maupun internasional, caranya mudah. Anda tinggal mencari logo SNI sisi atau pada plastik packing ban. Jika tidak ada logo SNI tersebut, hampir dipastikan bahwa ban tersebut belum teruji sesuai standar nasional. Atau bisa langsung cari di Planet Ban untuk kategori ban motor sport.

Baca juga:  Cara Mengkilapkan Body Motor Warna Hitam Seperti Terlihat Baru

 

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Ban Saat Musim Hujan

Tidak hanya beberapa tips di atas saja, ada juga beberapa hal lainnya yang perlu anda lakukan setelah memilih ban tersebut yakni sebagai berikut.

  • Periksa Tekanan Ban Motor

Sebelum bepergian menggunakan sepeda motor, ada baiknya ada memeriksa tekanan ban motor kesayangan anda terlebih dahulu. Meski terlihat sepele, nyatanya dampak yang kita rasakan jika keadaan ban terasa keras, juga dapat membahayakan keselamatan anda. Periksalah secara berkala tekanan ban motor secara berkala di bengkel 0kesayangan anda.

  • Periksa Tingkat Grip Ban Motor

Periksa tingkat grip yang ada pada motor anda secara berkala. Hal ini juga untuk mencegah agar ban motor anda tidak mudah slip atau tergelincir. Pemeriksaan ini bisa anda lakukan di saat bersamaan dengan memeriksa tekanan ban motor kesayangan anda. Jadi, tidak ada salahnya melakukan 1 tindakan untuk 2-3 kebaikan sekaligus.

  • Periksa Kadaluarsa Ban

Layaknya seperti makanan dan minuman, ban motor pun juga punya masa berlaku pemakaian. Para ahli mengatakan, jika umur ban motor anda melebihi 6 tahun, akan terjadi keretakan pada sisi luar ban motor. Cara lain untuk memeriksanya adalah melihat langsung 4 atau 8 digit kode produksi ban yang terdapat pada dinding ban motor anda.

Itulah beberapa tips memilih ban motor saat musim hujan dan beberapa hal lainnya yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda berhati-hati dalam berkendara, semoga bermanfaat. Terimakasih.