cara motor bajaj kinclong - bajajautoindonesia.com

Cara Body Motor Bajaj Agar Tetap Kinclong

Memiliki motor yang mengkilap alias kinclong, tentu menjadi dambaan setiap orang. Ada banyak orang yang merasa motornya harus selalu tampak seperti baru setiap saat, agar bisa timbul rasa percaya dirinya. Apalagi kalau motor Anda adalah motor sport Bajaj.

Namun repotnya, tak semua orang mau menjaga kebersihan kendaraannya. Terkadang mereka ingin motornya kinclong tapi tak mau menjaga motornya tetap bersih.  Jangankan mencuci, mengelap dari debu saja terkadang kita merasa malas.

Padahal, kalau motor kita tampak kinclong, ada banyak sekali keuntungan yang akan kita dapat. Pertama, seperti yang dibilang di atas, bahwa orang akan melihat kita sebagai pribadi yang telaten karena mau merawat motor kita sampai kinclong. Alasan kedua, kita juga pasti akan merasa nyaman kalau kendaraan kita tampak bersih dan seperti baru terus. Dan yang ketiga, nilai jual motor kita juga akan tetap tinggi kalau motor kita tampak kinclong selalu.

Karena itu memang sebaiknya Anda merawat motor Anda tersebut, sekali-kali ajak motor ke tempat pencucian bahkan kalau perlu ke salon motor juga tak masalah. Asalkan motor yang Anda kendarai itu akan tampak selalu mengkilap.

Di salon nanti, kendaraan Anda tak sekadar dicuci, namun juga diberi beberapa ramuan khusus agar cat motor yang kusam akibat terkena terik matahari atau debu-debu yang menempel dibersihkan secara maksimal. Tapi untuk keperluan itu tentu Anda harus merogoh kocek cukup dalam, karena memang perawatan motor di salon memang membutuhkan biaya ekstra di luar service dan ganti oli.

Tapi kalau memang budget Anda untuk perawatan motor terbatas, mungkin Anda bisa lakukan tiga cara ini untuk tetap membuat motor Anda tetap kinclong.

 

Pertama, lakukan pencucian motor Anda secara berkala dengan sabun atau shampo untuk motor. Sering mencuci motor, akan menyebabkan motor Anda terlihat apik dan terawat. Tapi ingat gunakan sabun atau shampo untuk motor dan jangan menggunakan sabun sembarangan.

Sebab dengan menggunakan produk pembersih sembarangan (apalagi yang mengandung deterjen) untuk cuci motor, sama saja Anda sedang membiarkan cat pada body motor Anda memudar. Dan yang lebih parah mencuci menggunakan sabun mengandung detergen dapat menyebabkan pengelupasan cat body kendaraan Anda. Walau harganya lumayan mahal, usahakan Anda membeli sabun atau shampo khusus kendaraan yang banyak dijual di supermarket atau bengkel-bengkel terdekat. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah warna motor Anda kusam, jauh lebih murah daripada mengecat ulang motor karena beberapa body motor yang terlihat kusam.

Jika sering terkena hujan, sebaiknya pencucian dilakukan lebih sering lagi. Usahakan juga di kala mencuci  Anda tak hanya melihat bagian bodynya saja, tapi juga perhatikan bagian-bagian metal termasuk ban dan pelek Anda. Sehingga motor Anda akan selalu tampak seperti baru.

Beli ban motor sport Bajaj

 

Baca juga:  Cara Menyetel Karburator Motor Honda jadi Irit

Kedua, hindari memarkir motor di tempat yang terkena matahari langsung. Mengapa? Karena  sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang sangat tidak baik bagi cat motor Anda. Sinar itu dapat merusak lapisan cat dan membuat motor Anda lebih cepat pudar catnya. Ada baiknya Anda mencari tempat parkir yang teduh atau jika memang tidak ada tempat yang cukup teduh, Anda dapat menggunakan sarung atau kain pelindung agar motor Anda tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sehingga Anda tak harus sering mengecat motor karena warna cat motor Anda cepat pudar. Selain sinar matahari, usahakan juga jangan sampai motor Anda dibiarkan terkena air hujan dan dibiarkan kering dengan sendirinya. Sebab sifat air hujan cenderung asam dan dapat menyebabkan motor Anda mudah terkena cendawan atau jamur. Jika sudah berjamur, pastilah kendaraan Anda tak akan tampak kinclong lagi. Maka ada baiknya, ketika Anda terkena hujan, motor Anda segera dicuci begitu Anda sampai di rumah. Paling tidak Anda membilas kendaraan Anda agar catnya tak mudah berjamur.

 

Ketiga, poles body motor Anda secara berkala. Karena memoles kendaraan adalah langkah paling bagus agar body motor Anda tetap mengkilap. Kalau Anda tak punya cukup budget memolesnya di salon, Anda bisa membeli polish atau wax yang bersifat non-abrasive di sejumlah supermarket atau bengkel yang menyediakannya. Jadi setelah mencuci motor secara benar, barulah Anda memolesnya dengan  polish atau wax tadi. Ingat ketika memoles body motor Anda pastikan cara pakai yang tertera di kemasan produk tadi dan tidak asal gosok saja. Sebab selain hasilnya nanti tidak maksimal, bukan tidak mungkin kalau Anda tidak hati-hati, cat body Anda malah tergores dan menimbulkan cacat.

Atau Anda juga bisa melakukan pengelapan menggunakan silikon pada body motor Anda agar selalu mengkilap dan juga pelindung dari cat body motor Anda agar tak mudah mengelupas. Ingat silikon yang tepat dan berkualitas saja yang harus Anda pilih dan seperti juga pada penggunaan polish atau wax, Anda harus memperhatikan betul cara pakainya. Jika Anda tidak mengerti dengan benar, sebaiknya serahkan pada ahlinya.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda pakai untuk membuat motor Bajaj Anda tetap kinclong tapi tidak merogoh kocek Anda terlalu dalam. Dengan merawat dan membersihkan body motor Anda secara berkala, Anda tetap dapat membuat motor mengkilap namun caranya tetap aman dan murah.

 

Baca juga:  Memilih Ban Motor Sport Terbaik Saat Musim Hujan