motogp inggris 2019 - bajajautoindonesia.com

Race Tegang di MotoGP Inggris 2019, Antara Marquez dan Rins!

Hari Minggu (25/8), Anda yang menyaksikan MotoGP pasti paham kalau sejak lap awal banyak insiden seru di sirkuit Silverstone. Namun yang membuat penonton tercengang adalah aksi Alex Rins yang menyalip Marc Marquez.

Dua pembalap yang paling panas ini, adalah Marc Marquez dari Repsol Honda, melawan Alex Rins dari Ecstar Suzuki.

Start dari posisi ke-5, Alex Rins mampu menyodok karena beberapa insiden. Terutama jatuhnya Andrea Dovizioso dari Mission Winnow Ducati yang jatuh akibat highside yang dialami motor Fabio Quartararo. Memanfaatkan momentum itu, Alex Rins langsung maksimalkan booster Suzuki GSX-RR miliknya untuk mengejar Marquez.

Bahkan di beberapa lap, Alex Rins berhasil memimpin, meski beberapa kali blunder. Di 3 lap terakhir, Alex Rins berulang kali menyerang Marquez dan berhasil meraih posisi terdepan. Terutama di tikungan terakhir, dimana Alex Rins memanfaatkan kelebihan mesin inline-4 yang lebih cepat memutari tikungan. Namun tetap saja, tanpa diduga saat di tikungan Club, Rins memanfaatkan kelemahan Marquez, sehingga bisa meraih posisi terdepan. 

Kelemahan pertama Marquez adalah tentang konfigurasi mesin V4 milik Honda RC213V Repsol. Meski secara topspeed unggul, rupanya akselerasi saat keluar tikungan tidak sebaik mesin inline-4.

Hal ini diakui Valentino Rossi sampai Fabio Quartararo, yang menggunakan Yamaha YZR-M1 dengan mesin inline 4. Karena itu pembalap dengan motor mesin inline-4, bisa tampil cepat saat sesi kualifikasi di Sirkuit Silverstone seperti Valentino Rossi yang posisi start ke-2.

Yang kedua, tentu saja karena faktor dari Marc Marquez sendiri. Pembalap asal Spanyol ini, kurang pede menggeber maksimal motornya di tikungan Club. Hal ini terlihat sejak latihan bebas pertama yang menjadi sorotan para netizen. 

Baca juga:  The Best Feature & Technology Award 2008 for Bajaj Pulsar 180 DTS-

Terungkap Marquez sendiri tidak ada target menang, karena dia cukup finish di depan Dovizioso agar klasmennya makin jauh. Karena itulah, kelemahan Marquez dimanfaatkan Alex Rins, dan berhasil menjadi juara MotoGP Inggris 2019.

Di sisi lain, kita tidak dapat melupakan Maverick Vinales yang tampil sangat prima menggunakan mesin inline-4. Rekan setim Valentino Rossi di Monster Energy Yamaha ini, bisa menyodok dan mengambil podium ke-3.